Beranda » » PLN Gencarkan Operasi Pencurian Listrik

PLN Gencarkan Operasi Pencurian Listrik

Sabtu, 02 November 2013 | 14.09

(SJO, BANDUNG) - PLN terus mengintensifkan operasi penertiban pemakaian tenaga listrik (P2TL) dan menindak pelanggan yang menunggak rekening listrik, termasuk kantor pemerintah.

“Kami terus menerus melakukan operasi P2TL terhadap seluruh pelanggan,” kata General Manager PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten (DJBB), Deny Pranoto, Sabtu (1/11).

Operasi ini untuk menekan sekaligus antisipasi maraknya aksi pencurian listrik.Selama Oktober 2013 , jajarannya menyelamatkan 30 juta kWh. Jika tarif dasar listrik (TDL) berkisar Rp750/kWh.

“Sebagian aksi pencurian ini terjadi di daerah perbatasan dengan Jakarta seperti Bogor, Depok dan Bekasi,” jelasnya. Mereka yang mencuri setrum tak hanya pelanggan rumahtangga, ada juga pelanggan bisnis dan industri.Di antara industri yang mencuri listrik ada yang dikenakan tagihan susulan (TS) hingga miliaran rupiah.

Disamping mengintensifkan operasi P2TL, pihaknya mengungkapkan juga akan menindak pelanggan yang menunggak rekening listrik, termasuk kantor pemerintah.

Setiap jelang akhir tahun ini banyak instansi pemerintah dibawah lingkungan pemda yang menunggak, karena anggarannya habis. Mereka menunggu cairnya anggaran tahun depan.

“Kalau mereka tidak membayar rekening listrik sampai batas waktu yang diberikan, kami putus sambungan listriknya,” tandasnya.

Dia mengemukakan total omset PLN Distribusi Jabar dan Banten sebesar Rp3,3 triliun/bulan. Rata-rata tunggakan sekitar Rp100 miliar hingga Rp120 miliar. “Jadi relatif rendah jumlah tunggakan,” ujar Deny. (r22)

0 komentar:

Posting Komentar

INFO GEDUNG SATE

LIPUTAN KHUSUS

 
Media Group : Jabar Zone | Inohong
Copyright © 2010-2013. SJO NEWS - All Rights Reserved
Creating Website
Bandung Media Citra