Beranda » , » Stok Buku Nikah di Jabar Habis

Stok Buku Nikah di Jabar Habis

Senin, 30 September 2013 | 17.08

(SJO, BANDUNG) - Tiga bulan terakhir, sekitar 50 ribu pasangan yang baru menikah di Jawa Barat harus rela hanya menerima sehelai surat keterangan bahwa mereka sudah dinikahkan. Penyebabnya stock buku nikah di beberapa kabupaten dan kota sudah habis.

"50 ribu pasangan itu tersebar hampir di seluruh kabupaten dan kota di Jabar. Tapi kalau Tasik, Ciamis dan Banjar mungkin masih aman sampai akhir bulan ini, asal pasangan menikah tidak membludak," ujar Kepala Seksi Kepenghuluan Kemenag Jawa Barat Adeng Imron.

Sementara Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung dikabarkan sudah habis. "Daerah lainnya seperti Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, itu ada yang sudah habis (di KUA tingkat kecamatan-red), ada yang masih ada," jelasnya.

Menurut Adeng kekosongan stock buku nikah sudah terjadi sejak akhir Juli lalu. Karena itu, lanjut dia, Kemenag Jabar pun mengambil inisiatif dengan pembuatan surat keterangan sudah menikah.

"Kami sudah instruksikan ke seluruh KUA di Jabar agar membuat surat keterangan sudah menikah. Ya seperti surat keterangan BPKB kalau kita mau perpanjang STNK," terang Adeng.

Surat itu berlaku hingga ada buku nikah. "Makanya jangan hilang, nanti kalau sudah ada buku nikahnya ditukarkan. Ingat ya jangan sampai hilang, nanti sulit melacaknya," tegas Adeng. (dtb)

0 komentar:

Posting Komentar

INFO GEDUNG SATE

LIPUTAN KHUSUS

 
Media Group : Jabar Zone | Inohong
Copyright © 2010-2013. SJO NEWS - All Rights Reserved
Creating Website
Bandung Media Citra