Beranda » , , » Selayang Pandang Karier Calon Kapolri Sutarman

Selayang Pandang Karier Calon Kapolri Sutarman

Selasa, 08 Oktober 2013 | 20.36

(SJO, JAKARTA) - Komisaris Jenderal Sutarman diperkirakan bakal mulus menduduki kursi empuk Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Sebab, jabatan orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu membutuhkan sosok yang humanis, tegas, profesional, dan mampu membenahi internal Polri.

Perjalanan karier jenderal kelahiran Sukoharjo, 5 Okotober 1957, ini dinilai sudah memenuhi syarat itu. Terlebih menjelang Pemilu 2014 bakal terjadi kegaduhan politik dan euforia massa yang sangat berpotensi mengganggu kamtibmas.

Sosok Sutarman yang tidak kontroversial dianggap dapat menciptakan suasana kondusif. Itu sebabnya, visi dan misi Kepala Badan Reserse Kriminal Polri yang hendak menjalani fit and proper test di DPR sebelum 25 Oktober 2013 ini ditunggu-tunggu seluruh masyarakat.

Rekam jejak Sutarman juga dinilai meyakinkan. Lulusan Akpol 1981 ini mengawali kariernya sebagai perwira Staf Lantas Polres Bandung Polda Jabar 1982. Jabatan komando yang pertama dipegangnya sebagai Kapolsek Dayeuh Polres Bandung.

Setelah bertugas di Bandung, suami Elly Sutarman ini berkali-kali menduduki jabatan strategis. Ia pernah menjabat Kapolsek Kebon Jeruk, Jakarta Barat (1989), Kapolsek Penjaringan, Jakarta Utara (1991), Kapolres Lombok Timur Polda NTB (1996), dan Kapolres Bekasi (1999).

Jabatan tak kalah penting saat ia menjabat ajudan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur (2000-2001). Sejak itu, karier perwira berzodiak Cancer ini terus melejit. Tercatat beberapa kali ia menduduki jabatan strategis, yakni Kapoltabes Palembang, Kapolwiltabes Surabaya, dan Direskrim Polda Jatim.

Yang menarik, Sutarman tiga kali menggantikan Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo di jabatan strategis, yakni saat menjabat Kepala Selapa Polri (2008), Kapolda Jawa Barat (2010), dan Kapolda Metro Jaya (2011). (dbs)

0 komentar:

Posting Komentar

INFO GEDUNG SATE

LIPUTAN KHUSUS

 
Media Group : Jabar Zone | Inohong
Copyright © 2010-2013. SJO NEWS - All Rights Reserved
Creating Website
Bandung Media Citra