Beranda » » ICSD Rintis Bank Sampah di Jabar

ICSD Rintis Bank Sampah di Jabar

Selasa, 29 Oktober 2013 | 08.23

(SJO, BANDUNG) – Institute For Civil Sociaty (ICSD) kini tengah merintis pendirian Bank Sampah di beberapa daerah di Jawa Barat. Ditemui di sela-sela Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia di Balai Kota Bandung Selasa (29/10), Direktur ICSD Deni Rusyandi mengatakan, proyek Bank Sampah yang sedang dirintis saat ini diantaranya di Subang, Cirebon dan Kota Banjar.

“Kita ingin sampah menjadi komoditi yang bernilai ekonomi, bukan lagi menjadi masalah. Oleh karena itu kita sedang mendorong pembangunan atau pendirian komunitas Bank Sampah di beberapa daerah itu, dimana sampah akan dikelola oleh masyarakat dan menghasilkan uang” ujarnya.

Deni mencontohkan di salah satu Desa di Kota Banjar, ada satu ruas jalan sepanjang lebih dari 2 kilometer, hampir tidak ada sampah karena sudah ada komunitas bank sampah di sana.

“Di Desa Sukahati Kota Banjar ada jalan sepanjang hampir 2 kilo, yang sudah bebas sampah. Karena di sana sudah ada komunitas pengelola bank sampah yang sudah aktif “ katanya.

Pembinaan bank sampah sendiri menurut Deni dimulai dari edukasi tentang sampah organik dan un organik, pengelolaan administrasi, manajeman pemanfaatan dan pemasaran.

0 komentar:

Posting Komentar

INFO GEDUNG SATE

LIPUTAN KHUSUS

 
Media Group : Jabar Zone | Inohong
Copyright © 2010-2013. SJO NEWS - All Rights Reserved
Creating Website
Bandung Media Citra